Menyesakkan Hati, tapi Berharga di Kehidupan Setelah Menikah Nanti

shares |

Nggak terkecuali kamu, sepertinya hampir semua orang pernah dikecewakan oleh cinta. Mulai dari ditolak saat nembak seseorang yang ditaksir sampai diputusin oleh pacar. Namun meskipun begitu nggak semua orang bisa move on dari kisah pedih yang telah dialaminya itu. Meski semuanya telah berlalu, tapi kenangan buruk tentangnya masih sering mengenang di waktu-waktu tertentu.



Satu-satunya cara bijak menyikapi pengalaman buruk cinta di masa lalu adalah berdamai dengannya. Apalagi jikalau sebentar lagi kamu mau menikah, jangan sampai hal-hal yang telah lalu membayangi hubunganmu dengan calon istri. Sebagai gantinya, kalau kamu jeli sejatinya banyak hal yang bisa kamu ambil dari pengalaman nyesek cintamu di masa lalu itu yang bisa berguna untuk kehidupanmu setelah menikah nanti.

1. Ditikung teman sendiri memang menyakitkan, tapi dari sana kamu jadi tahu cara menjaga kedekatan pasanganmu dengan teman-temanmu


Kamu mungkin pernah mengalami pengalaman nyesek gebetan atau mantan pacarmu ditikung oleh teman sendiri. Tapi jangan biarkan pengalaman buruk ini menganggu hubunganmu dengan dia yang sekarang. Dari pengalaman burukmu itu tentu kamu sudah belajar bagaimana menjaga kedekatan teman dengan pacarmu atau kamu juga pasti sudah tahu mana teman yang mesti didekati dan mana yang perlu untuk dijauhi oleh dia yang kelak menjadi pendampingmu.

2. Nggak hanya jadi bahan evaluasi diri, tapi diselingkuhin kekasih hati mengajarkanmu cara mencintai dengan tak berlebih

Bukannya suuzan dengan dia yang sebentar lagi menikah denganmu, tapi nggak ada salahnya untuk mempelajari kembali kenangan burukmu di masa lalu saat kamu diselingkuhi oleh mantanmu. Pelajari apa kesalahanmu dulu sehingga mantanmu punya kesempatan untuk selingkuh, mulai dari mengevaluasi diri sampai menakar kadar cinta yang kamu berikan. Jangan sampai berlebihan, dan akhirnya kamu sendiri kecewa karena cintanya tak setara denganmu.

3. Putus dari hubungan yang telah berjalan menahun jelas meninggalkan luka, tapi dari sini kamu belajar lagi tentang membangun hubungan yang lebih dewasa


Kamu mungkin pernah punya kenangan buruk putus setelah pacaran menahun. Menyedihkan memang, tapi mau bagaimana lagi semuanya telah berlalu. Kini kamu telah bersama dia yang telah berkomitmen menikahimu. Maka berhentilah mengkhawatirkan kisah burukmu itu terulang lagi. Fokus saja, sebab dia tentu berbeda dengan yang mantan pacarmu. Selain itu kamu juga tentunya memetik pelajaran yang bisa kamu gunakan untuk melanggengkan hubunganmu yang sekarang.

4. Momen ditolak berkali-kali memang memalukan, tapi dari sana mentalmu teruji. Barangkali bisa berguna saat mengurus dan membangun keluarga kecilmu nanti


Masih ingat momen di mana kamu pernah ditolak berkali-kali oleh orang yang kamu taksir di masa lalu? Jangan telalu disesali dengan mengingatnya lagi. Memang sih momen itu terasa sangat memalukan, tapi kamu cukup ambil hikmahnya saja; darisana mentalmu jadi lebih terasah sehingga nanti kala mencari kerja demi menghidupi keluarga kamu jadi nggak mudah menyerah.

5. Kekecewaan terhadap dia yang meninggalkanmu karena kondisi finansial, sejatinya bisa jadi pengingat agar kelak kamu memilih pasangan yang mau mencintaimu apa adanya


Menjelang pernikahan, biasanya muncul pikiran buruk tentang keraguan-keraguan terhadap pasangan. Jelas kalau dibiarkan ini bisa membahayakan karena sudah bukan saatnya lagi berpikir demikian. Sejak kamu melamarnya seseungguhnya kamu sudah harus mantap untuk menuju pelaminan dengannya.

Nah di sinilah kamu mesti menggunakan masa lalumu untuk menghapus keraguan itu. Ingatlah bahwa dia yang sekarang adalah sosok yang menerimamu apa adanya, nggak seperti mantanmu yang meninggalkanmu hanya karena seseorang yang lebih kaya. Semoga cara ini berhasil.

6. Pengalaman nyesek ditinggal pas lagi sayang-sayangnya seharusnya bisa membuatmu belajar memperlakukan pasangan dengan dewasa dan bijaksana


Di masa lalu kamu mungkin pernah merasakan momen pedih ditinggal pas lagi sayang-sayangnya. Banyak hal yang bisa kamu ambil dari momen nyesek itu. Mungkin dulu kamu terlalu mengekang mantanmu, atau kamu terlalu memanjakannya, dan lain sebagainya. Menjelang pernikahanmu nggak ada salahnya kamu mengingat lagi pelajaran-pelajaran dari kisahmu di masa lalu. Jangan seperti yang sudah-sudahn, karena ini urusan menikah, kamu harus menjadi pribadi yang lebih dewasa dalam mencintai pasanganmu supaya hubunganmu awet hingga punya anak dan cucu.

Sisi kelam cinta di masa lalu nggak semuanya memberikan dampak buruk kepadamu, kalau kamu cermati lebih jauh lagi ada hikmah dari setiap kegagalan cinta yang bisa kamu terapkan pada hubunganmu saat ini. Kamu akan segera menikah, ambil segala yang baik-baik dari pengalaman nyesek cintamu yang bisa digunakan untuk hubungan yang selanjutnya.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment

Saya menghargai orang yang berkomentar di blog Danni Media ini. Jadi, jangan sungkan untuk berkomentar :)